Minggu, 21 November 2010

perangkat keras jaringan

1. ethernet card
Ethernet merupakan salah satu jenis adaptor jaringan . These adapters support the Ethernet standard for high-speed network connections via cables. Adapter ini mendukung Ethernet standar untuk kecepatan jaringan koneksi-tinggi melalui kabel. Ethernet cards are sometimes known as network interface cards (NICs) . Ethernet card kadang-kadang dikenal sebagai kartu antarmuka jaringan (NIC).
Ethernet cards are available in several different standard packages called form factors : Ethernet card tersedia dalam beberapa paket standar yang berbeda yang disebut faktor bentuk:








2. modem
Modem (mo dulator-dem odulator) adalah perangkat yang memodulasi sebuah sinyal analog carrier untuk mengkodekan informasi digital , dan juga demodulates seperti sinyal carrier untuk decode informasi yang ditransmisikan. The goal is to produce a signal that can be transmitted easily and decoded to reproduce the original digital data. Tujuannya adalah untuk menghasilkan sinyal yang dapat ditransmisikan dengan mudah dan decode untuk mereproduksi data digital asli. Modems can be used over any means of transmitting analog signals, from driven diodes to radio . Modem dapat digunakan atas setiap sarana transmisi sinyal analog, dari didorong dioda ke radio .
 









3.router 
routher adalah perangkat elektronik yang mempertautkan dua atau lebih jaringan komputer , dan selektif susun paket data di antara mereka. Each data packet contains address information that a router can use to determine if the source and destination are on the same network, or if the data packet must be transferred from one network to another. Setiap paket data berisi informasi alamat yang router dapat digunakan untuk menentukan apakah sumber dan tujuan berada di jaringan yang sama, atau jika paket data harus dipindahkan dari satu jaringan ke yang lain. When multiple routers are used in a large collection of interconnected networks, the routers exchange information about target system addresses, so that each router can build up a table showing the preferred paths between any two systems on the interconnected networks. Ketika beberapa router digunakan dalam koleksi besar dari jaringan interkoneksi, router pertukaran informasi tentang alamat sistem target, sehingga setiap router dapat membangun tabel yang menunjukkan jalur pilihan antara dua sistem di jaringan interkoneksi.








4. ISP
ISP adalah perusahaan penyedia jasa pelayanan internet. Peran ISP adalah menghubungkan kita dengan jaringan internet internasional. Jenis layanan yang disediakan oleh setiap ISP kepada setiap pelanggan berbeda-beda. Demikian pula dengan biaya yang dikenakan







5. BRIDGE
 Jembatan jaringan (Inggris:Network Bridge) adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Jembatan jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Jembatan juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet. J







6. KABEL JARINGAN
kabel jaringan adalah

 
Kabel yang biasa digunakan dalam jaringan ada 3 jenis, yaitu: 1. Coaxial Kabel ini sering digunakan untuk antena televisi dan transmisi telepon jarak jauh. Konektornya adalah BNC (British Naval Connector). Kabel ini terbagi menjadi 2, yaitu: - coaxial baseband (kabel 50 ohm) –digunakan untuk transmisi digital. - coaxial broadband (kabel 75 ohm) –digunakan untuk transmisi analog.






 
6. HUB
Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model OSI.





 


7. REPEATER 
Repeater adalah sebuah stasiun yang menerima signal pada suatu frekuensi dan memancar ulangkan-nya kembali (repeat) pada frekuensi yang lain secara otomatis pada saat yang sama (simultan). Dengan demikian sebuah stasiun Amatir Radio dengan power yang kecil (mobile atau jinjing) dapat transmit pada input channel dari repeater dan signalnya akan dipancar ulangkan pada output channel dari repeater dengan signal yang lebih kuat dan daya jangkau yang lebih luas, karena lokasi repeater berada ditempat yang tinggi (di atas gunung atau gedung yang tinggi).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar